arbiyanti

Berinisiatif

Sungguh menguras energi dan pikiran menghadapi alur birokrasi pemerintahan dan terutama yang melibatkan hubungan diplomatik negara.

Jadi kisah dimulai ketika sebuah aplikasi visa dinas (service-visa) diajukan untuk salah satu TKA yang juga adalah pasangan petinggi sekolah. Sebuah negosiasi antar petinggi2 institusi Jerman bergulir dimana ujung-ujungnya tercapailah kesepakatan dimana kami tidak mengetahui detail kesepakatan tersebut.

Ketika kemudian jabatan yang ditawarkan pasangan petinggi sekolah tersebut mempengaruhi alur pengajuan visa dinas dan akhirnya menghambat dikeluarkannya visa dinas sesuai jadwal yang ditentukan, maka saya berusaha untuk menelusuri di institusi mana dokumen terhambat dan bagaimana jalan keluarnya.

Dan korespondensi dimulai lah antara saya dengan institusi Indonesia di Berlin, institusi Indonesia dan institusi Jerman. Jawaban-jawaban korespondensi mulai berdatangan dan saya pun pastikan korespondensi ter-CC antar institusi. Masalah muncul ketika ternyata saya menyalahartikan maksud istilah tertentu dalam hubungan antar diplomatik. Dan ketebak dong siapa yang patut disalahkan atas kehebohan ini. Tak lain dan tak bukan: r-i-n-a.

Pada akhirnya visa dinas berhasil diterbitkan sesuai jadwal, namun itu tak membuat saya merasa lebih bangga pada apa yang saya kerjakan.

Kadang saya berpikir, apapun yang saya kerjakan sepertinya tidak cukup dihargai. Dan ketika akhirnya yang saya kerjakan dianggap bagus, saya merasa itu hanyalah sebuah tugas, jadi tidak perlu lah ada piagam atau penghargaan apapun. Semua yang saya lakukan adalah ikhlas untuk membantu proses pekerjaan administrasi sekolah supaya bisa selesai sesuai jadwal (dan seperti yang diinginkan petinggi), namun apa daya.. di tempat saya bekerja sepertinya mengambil inisiatif bukan dianggap sebagai perbuatan yang baik. Jadi.. apa saya harus seperti lagu-nya Daya “sit still and look pretty”?

Could wake up / in make up / and play dumb

Tangerang, 27.07.2017

Note to myself: after all the efforts and the success you’ve given your company, remember that only you can appreciate them so much! Not your boss and not your company…

4 thoughts on “Berinisiatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *